Rabu, 22 Agustus 2007

Baterai yang dapat dilipat dan digulung

Baterai laksana kertas ?. Sekelompok peneliti di rens sealer polytechnic institute menjawab pertanyaan ini dengan menyodorkan hasil penelitian bertajuk “perangkat penyimpanan ebergi dari kertas nano composite”.

Proyek yang telah dipublikasikan di proceedings of the national academy of sciences (PNAS) itu memaparkan seputar perangkat penyimpan energi alias baterai dari bahan kertas. Bahan yang sama digunakan pada Koran, buku, atau barang – barang lain dari kertas lainnya.

Yang membuat kertas ini berbeda adalah sentuhan yang dilakukan peneliti (Robert Lindart). Maka mencampurkan karbon nano tube yang akan mengubah warna kertas menjadi hitam. Nano tube bertindak sebagai electrode dan memungkinkan kertas tersebut mengalirkan listrik.

Perangkat penyimpan energi ini di disain agar dapat berfungsi sebagai baterai lithium – ion dan kapasitor super. Baterai kertas mampu memberikan energi yang lebih stabil dibandingkan dengan baterai konvensional, karena terbuat dari bahan dasar kertas, pernagkat ini dapat dilipat dan digulung. Jika anda hanya memerlukan energi sebanyak setengah dari kapasitas baterai, Anda bisa memotongnya sesuai dengan keperluan.

Tidak ada komentar: