Rabu, 22 Agustus 2007

Menaikkan kapasitas cakram optic

Pembuat alat pemutar cakram optic generasi terakhir, baik HD-DVD maupun blu-ray, biasanya mengelu-elukan kemampuan menampilkan film beresolusi tinggi, kenyataan bahwa hal itu dicapai karena peningkatan kapasitas penyimpanan jarang disebut.

Padahal pada masa teknologi optic CD-ROM baru diperkenalkan, salah satu kelebihan yang ditonjolkan adalah sebagai alat peyimpanan data berkapasitas tinggi.

Saat ini cakram optic lebih dipandang sebagai medium untuk menyimpan data multi media saja. Ini mungkin karena perkembangan teknologi cakram optic agak ketingalan dibandingkan cakram magnetic (hard disk).

Saat ini hard disk berkapasitas 120 GB sudah banyak beredar dan diangap biasa. Dibandingkan dengan CD-ROM yang hanya mampu menampung 700 MB, dan DVD yang berkapasitas maksimum 17 GB (DVD doule disk), cakram magnetic jelas lebih unggul.

Baik HD-DVD maupun blu-ray, sebenarnya cukup berarti mendongkrak kapasitas penyimpanan cakram optic. Salah satu penyebabnya adalah dengan penggunaan berkas laser dengan panjang gelombang lebih pendek dibandingkan DVD.

HD-DVD dan blu-ray menggnakan laser berwarna biru-ungu, berbeda degan DVD yang menggunakan laser merah. HD-DVD mampu menampung data sampai 30 GB. Blu ray bahkan lebih unggul lagi, cakram blu-ray dapat menampung data sampai 50 GB.

Namun kapasitas sebanyak itu masih belum apa-apa dibandingkan teknologi hard disk paling mutakhir. Tidak berarti kubu cakram optic menyerah begitu saja, dan telah ditemukan cara untuk menaruh data sampai 500 GB dalam cakram optic seukuran DVD.

Teknik yang digunakan untuk meningkatkan kapasitas ini dinamakan microholografi. Salah satu aspek yang diekploitasi proyek microholas adalah pemanfaatan ruang tiga dimensi, dengan membentuk nano struktur pada cakram untuk penyimpanan data.

Pada cakram optic generasi sebelumnya dua permukaan cakram saja yang dapat digunakan untuk penyimpanan data. Dengan microholografi visa dibentuk lebih dari dua lapisan yang bisa menaruh data. Teknologi ini dapat menaikkan kapasitas sampai 1 TB.

Tidak ada komentar: